Rabu, 16 Maret 2011

Pasangan Hasto - Tedjo di KPU postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 19.14

Pasangan balon bupati-wakil bupati dr Hasto-Tejo (berpeci) seusai mendaftar di KPU. (Foto : Asrul Sani)
KULONPROGO (KRjogja.com) - Pengurus DPC PDIP dan DPD PAN Kabupaten Kulonprogo resmi mendaftarkan pasangan bakal calon (balon) Bupati-Wakil Bupati Kulonprogo yang mereka usung bersama, dr Hasto Wardoyo-Drs Sutedjo Wiharso di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten setempat, Senin (14/3). Meski demikian, pasangan itu oleh KPU belum disebut sebagai calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup). Sebab sesuai jadwal, KPU baru menetapkan balon menjadi calon pada Selasa 12 April 2011 nanti.
"Kita belum bisa menetapkan pasangan balon yang mendaftar sebagai calon bupati-cawabup. Karena selain belum ada balon lain yang mendaftar, penetapan balon menjadi calon juga baru akan dilakukan Selasa, 12 April 2011," kata Ketua KPU Siti Ghoniyatun SH didampingi Ketua Divisi Sosialissi dan Publikasi Marwanto.
Prosesi pendaftaran pasangan balon bupati-wabup Hasto-Tejo diawali dengan deklarasi bersama yang dilakukan kedua pengurus partai pengusung dengan pembacaan surat pernyataan kesepakatan bersama oleh Ketua Bappilu DPC PDIP H Umar Sriyanto, kemudian dilanjutkan penandatanganan kesepakatan oleh Ketua DPC PDIP Toni HP dan Ketua DPD PAN Hamam Mutaqim. Setelah itu kedua pasangan dengan menggunakan kereta yang diiringi grup kesenian tradisional jathilan serta rombongan pengantar masuk Pasar Wates.
Usai menyapa dan mohon doa restu kepada para pedagang pasar tradisional Wates, rombongan bergerak ke arah selatan melewati simpang lima Karangnongko menuju kantor KPU di wilayah Desa Bendungan, Wates.
Rombongan pasangan Hasto-Tejo diterima anggota KPU yang dipimpin ketua mereka Siti Ghoniyatun. Setelah dilakukan pengecekan terhadap persyaratan administrasi, pihak KPU menyatakan menerima berkas pendaftaran pasangan tersebut. "Dari 33 butir persyaratan, sebagian besar sudah lengkap. Untuk kekurangannya kami beri waktu sampai tanggal 21 Maret 2011 melengkapinya," katanya.
Pencalonan Hasto-Tejo juga didukung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hasto saat dimintai komentarnya menjelaskan pihaknya bersama pasangan Sutedjo mengaku optimis lolos verifikasi faktual sekaligus menang dalam Pemilukada Kulonprogo 2011. Apalagi partai yang mengusung mereka merupakan dua partai besar peraih kursi terbanyak dalam Pemilu Legislatif 2009 lalu.
"Bukan bermaksud sombong, tapi dengan diusung bersama dua parpol pesar pemenang Pemilu plus didukung PPP, saya bersama pak Tejo optimis meraih kemenangan dalam Pemilukada nanti," katanya dengan penuh percaya diri.
Siti Ghoniyatun menjelaskan, sampai hari terakhir waktu pendaftaran pasangan balon bupat-wabup di KPU yakni Senin (14/3) pukul 00.00 WIB, baru dua pasangan balon yang mendaftar masing-masing pasangan yang diusung bersama PDIP-PAN, dr Hasto-Sutedjo dan pasangan dari jalur perseorangan Condroyono-Indreswari. "Untuk pasangan dari partai lain sampai sekarang belum ada yang mendaftar," ujarnya. (Rul)

0 komentar:

Posting Komentar