Selasa, 04 Januari 2011

Sekolah dihimbau Persiapkan Siswa Hadapi UN 2011 postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 01.25

Ilustrasi
WATES (KRjogja.com) - Dinas Pendidikan Kulonprogo meminta seluruh sekolah mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional 2011 yang kemungkinan dilaksanakan pertengahan bulan April 2011. Sedangkan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bagi siswa SD awal bulan Mei 2011. Berbeda dengan pelaksanaan tahun pelajaran sebelumnya, UN 2010/2011 untuk SMP/MTs, SMA/MA dan SMK hanya dilaksanakan sekali.
" Perbedaan mendasar dengan UN 2009/2010, tahun ini UN diadakan hanya sekali sehingga tidak ada UN ulangan. Perbedaan mendasar lainnya, ujian sekolah dilaksanakan sebelum UN," kata Subardi SPd, Kepala Sub Bagian Umum dan Perencanaan Dinas Pendidikan Kulonprogo usai memberikan pengarahan kepada para pengawas sekolah di Aula Gedung Pertemuan Dinas Pendidikan Kulonprogo, Senin (3/1).
Menurutnya Kementerian Departemen Pendidikan Nasional (Kemendiknas) segera mengirimkan juknis pelaksanaan UN dan UASBN 2010/2011. Untuk waktu pelaksanaannya sudah dipastikan mulai pertengahan bulan April untuk UN dan UASBN awal bulan Mei 2011.
Ada empat perbedaan mendasar dalam UN tahun ini dibandingkan dengan UN sebelumnya. Selain UN diadakan hanya sekali dan dilaksanakan setelah ujian sekolah, pemindaian atau scanning lembar jawaban UN SMA/MA dan SMK oleh Perguruan Tinggi Negeri. Kemudian penentuan kelulusan siswa mengikutsertakan nilai sekolah 40 persen dan nilai UN 60 persen. Nilai sekolah diambil dari gabungan nilai ujian sekolah 60 persen dan nilai raport siswa pada semester tiga, emat dan semester lima sebesar 40 persen.
Proses penggabungan nilai dilakukan oleh Pusat Pendidikan Kemendiknas. Penyelenggara sekolah harus mengirimkan nilai mata pelajaran yang di-UN-kan maupun mata pelajaran yang tidak di-UN-kan, paling lambat satu minggu sebelum pelaksanaan UN. "Syarat kelulusan untuk nilai gabungan minimal 4,00, nilai rata-rata gabungan 5,50 dan nilai kompetensi keahlian SMK minimal 7.00. Nilai kompetensi keahlian merupakan gabungan nilai praktek 70 persen dan nilai teori 30 persen," katanya. (Ras)

0 komentar:

Posting Komentar