Sabtu, 04 September 2010

Banjir dan Longsor Landa Bogor postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 00.51

Smaller  Reset  Larger
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR—-Hujan deras yang mengguyur Kota dan Kabupaten Bogor, Jabar sejak Jumat (3/9) sore hingga tadi malam mengakibatkan banjir. Ratusan rumah di dua Rukun Warga (RW) di Kelurahan Cibuluh terendam luapan air sungai Ciheuleut.
Tinggi banjir yang merendam rumah warga sekitar 10 sentimeter hingga satu meter. Lokasi yang terendam banjir di antaranya Kampung Neglasari RT 02/04, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, RT 03/06 RT 05/06 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara.

“Paling tidak dua RW yang terendam banjir karena air Sungai Ciheuleut meluap,” kata Koordinator lapangan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bogor, Sudarman, Jumat (3/9) malam. Bendungan Katulampa mengalami kenaikan sebesar 100 sentimeter atau siaga tiga.

Penjaga Bendungan Katulampa, Andi Sudirman, mengatakan penyebab naiknya air di Bendungan Katulampa karena hujan deras yang mengguyur Bogor, baik kota ataupun kabupaten, terutama di kawasan Puncak. “Saat ini air hujan dari arah Puncak sudah sampai di bendungan Katulampa,” kata Andi.

Tingginya curah hujan menyebabkan pohon besar jatuh menimpa atap dua rumah warga di RT 01/02, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. “Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi saja yang diderita,” kata Sudarman.

Sementara itu di Kabupaten Bogor, tanah longsor kembali terjadi. Di Kampung Tanjakan Urug, Desa Parakan Muncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, longsor menutupi jalan yang dilalui kendaraan. Panjang longsoran mencapai 10 meter hingga 15 meter.

“Kendaraan yang menuju Nanggung dan Antam dialihkan ke Hambaro karena tidak bisa lewat, tapi longsor yang menutupi jalan sudah bisa ditanggulangi sekitar pukul 23.00,” ujar Koordinator Lapangan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Tim Reaksi Cepat (PB TRC) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo, Sabtu (4/9) pagi.

Budi mengatakan longsor juga terjadi di daerah Cigudeg. “Jalan menuju Sukajaya longsor. Kami sedang berkoordinasi untuk membersihkan jalan yang tertutup longsor,” kata dia.
Red: Arif Supriyono
Rep: c31

0 komentar:

Posting Komentar