Rabu, 29 September 2010

Pandu Jamin 75 Persen Warga Bantul Dukung Penetapan postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 02.33

Kraton Yogyakarta. (Foto : Ivan Aditya)
BANTUL (KRjogja.com) - Paguyuban Dukuh (Pandu) Kabupaten Bantul menegaskan, 75 persen warga Bantul akan mendukung keistimewaan DIY. Bahkan, jika penentuan dilakukan dengan referendum, Pandu berjanji akan akan menggalang kekuatan massa Bantul untuk mendukung penetapan.
Ketua Pandu, Sulistyo mengatakan, tidak ada ruang negosiasi untuk pemilihan dan yang ada hanyalah penetapan. Dengan demikian, untuk tokoh yang akan menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur, merupakan kewenangan penuh Keraton Yogyakarta dan Paku Alam. “Pandu siap menjadi benteng untuk terlaksananya penetapan,” katanya di Bantul, Rabu (29/9).
Sulistyo mengungkapkan, untuk jabatan tersebut merupakan keputusan internal keraton dan rakyat bertugas untuk mengawalnya. Soal wacana referendum, Sulistyo menegaskan hal tersebut belum diterima oleh rakyat, karena yang diinginkan hanyalah penetapan.
Penetapan, menurut Sulistyo, merupakan keinginan yang nyata dan harus diwujudkan, karena jika tidak terlaksana, akan ada gerakan rakyat. “Kami saat ini sedang menggalang dukungan dari paguyuban pedagang, nelayan, dan tukang becak agar penetapan segera diputusakan,” terangnya.
Terpisah, tokoh Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (Apdesi) Bantul, Rustam Fathoni mengungkapkan, dari hasil koordinasi, seluruh anggota akan turut pada pilihan Sri Sultan HB X mengenai polemik keistimewaan DIY yang hingga saat ini belum terselesaikan. ”Apapun keputusan Sultan, kami akan mendukung,” terangnya. (*-7)

0 komentar:

Posting Komentar