Minggu, 12 September 2010

Rutan Bantul Periksa Kamar Napi postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 05.24

BANTUL (KRjogja.com) - Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan (Kasubsi Yantan ) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bantul, Sirwan SH menyatakan, pemeriksaan di setiap ruang nara pidana (napi) dilakukan rutin setelah masa kunjungan bebas berahir. Pemeriksaan  dilakukan untuk mencegah terjadinya peredaran barang terlarang di lingkungan Rutan. Peredaran barang itu kemungkinan ada setelah pihak Rutan selama dua hari memberi kesempatan kepada masyarakat melakukan kunjungan bebas, Sabtu-Minggu (11-12/9).
“Kemungkinan adanya barang terlarang masuk Rutan pasti ada, namanya juga orang banyak, makanya kami gencarkan pemeriksaan di setiap ruang,” kata Sirwan. Menurutnya kunjungan bebas yang diberikan pihak Rutan dimanfaatkan oleh masyarakat. Akibatnya halaman Rutan penuh sesak calon pembesuk. Kebanyakan masyarakat berkunjung secara rombongan.
Dalam kunjungan bebas kali ini warga bisa bersinggungan langsung dengan napi. “Biasanya kan pembesuk dan yang dibesuk dibatasi teralis besi, dalam kunjungan bebas napi dan warga berkumpul bersama,” kata Sirwan.
Bila setiap kamar tidak diperiksa dikhawatirkan terjadi peredaran barang terlarang. Pemeriksaan dilakukan sekitar pukul 13.30 WIB. Dari pantauan yang dilakukan, paling banyak masyarakat membesuk pamong desa yang sedang menghadapi proses hukum. Seperti Lurah Desa Selopamioro, sejak pagi ratusan masyarakat Selopamioro berbondong-bondong membesuk lurahnya. (R-5)
 

0 komentar:

Posting Komentar