Sabtu, 04 September 2010

TNI Kirim Pasukan ke Perbatasan Malaysia postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 00.33

TNI Angkatan Darat saat berpatroli di perbatasan. Foto: TNI AD Militer
JAKARTA (KRjogja.com) - Sebanyak satu batalion 641 Singkawang berjumlah 700-1000 personel dikirm untuk mengamankan perbatasan Indonesia-Malaysia.

"Benar ada pengiriman pasukan ke perbatasan Indonesia-Malaysia,"kata Kepala Penerangan Daerah Militer XII Tanjung Pura, Letnan Kolonel Arm. Totok Suhartono, Sabtu, (4/9).

Menurutnya, pasukan tersebut akan ditempati di 31 pos di wilayah perbatasan di antaranya Entikiong, Kabupaten Sanggau, Tanjung Datuk, Badau, Sajingan, Bengkayang dan Sambas.

"Kami juga menempatkan pasukan di daerah lain yang menjadi perbatasan dengan Malaysia," pungkasnya.

Meski demikian Totok Suhartono mengatakan pengiriman pasukan ke perbatasan tidak ada hubungannya dengan ketegangan Indonesia dengan Malaysia belakangan ini.

"Pengiriman pasukan ini untuk menggantikan Bataliyon 642 Sintang yang sebelumnya sudah bertugas di sana dan sekarang digantikan dengan Bataliyon 641 Singkawang," kata Totok Suhartono.

Totok mengatakan, pengiriman pasukan tersebut dilakukan pada awal bulan September lalu. Namun ia tidak menjelaskan berapa lama pasukan tersebut akan ditempatkan. "Pasukan harus siap ditempatkan dimana saja, kapan saja dan taat kepada perintah," tegasnya lagi.

Sedangkan mengenai situasi di perbatasan Indonesia-Malaysia, ia mengaku sejauh ini masih dalam kondisi aman. "Tidak ada pembakaran bendera. Adem ayem saja,"pungkasnya lagi.
 
Seperti diketahui hubungan Indonesia dengan Malaysia kembali memanas menyusul ditangkapnya tiga petugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh polisi Diraja Malaysia beberapa waktu lalu.

Penangkapan ini kemudian memicu kemarahan masyarakat Indonesia. Sejumlah sikap anti-Malaysia kemudian dilakukan dengan menggelar aksi dan pembakaran bendera Malaysia. (Okz/Yan)

0 komentar:

Posting Komentar