Jumat, 10 September 2010

Jalur Yogyakarta - Purworejo Masih Dipadati Pemudik postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 16.40

Ilustrasi. (Foto : Dok)
KULONPROGO (KRjogja.com) - Jalur utama Yogyakarta-Purworejo di wilayah Kabupaten Kulonprogo masih dipadati kendaraan termasuk pemudik, baik sepeda motor maupun mobil pribadi, Jumat (10/9). Sejak Jumat pagi jalur utama Yogyakarta-Purworejo masih dipadati kendaraan termasuk pemudik yang melintas dari timur ke barat, maupun sebaliknya.
Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kulon Progo Haris mengatakan jumlah kendaraan yang melintas dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00 WIB tercatat sepeda motor sebanyak 1.481 unit, dan mobil pribadi 1.597 unit.
Menurut dia, pada Rabu malam dan Kamis lalu terjadi lonjakan kendaraan pemudik, karena Jakarta mulai libur pada Kamis. "Puncak arus mudik terjadi pada Rabu malam dan Kamis pagi dengan jumlah kendaraan yang meliputi sepeda motor sebanyak 10.706 unit, dan mobil pribadi 6.800 unit," katanya.
Haris mengatakan kendaraan yang melintas setiap jamnya belum mengalami peningkatan yang siginfikan. "Sepeda motor paling banyak melintas antara pukul 06.00 hingga pukul 07.00 WIB, dengan intensitas 889 unit per jam, dan antara pukul 16.00 hingga pukul 17.00 WIB intensitasnya 880 sepeda motor per jam," katanya.
Ia mengatakan banyaknya kendaraan yang melintas pada pagi dan sore hari karena menghindari panasnya sinar matahari. Lonjakan arus mudik dari barat juga terjadi pada pagi dan sore hari.
"Pada 2010 jumlah kendaraan yang melintas dari timur ke barat lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan dari barat ke timur," katanya.
Sementara itu, sejumlah jalan di dalam kota Wates, Kabupaten Kulon Progo, pada hari pertama Lebaran 2010 tampak lengang dan sepi dari lalu lalang kendaraan, apalagi turun hujan sejak pukul 13.30 WIB.
Salah seorang warga Wates, Hari, mengatakan biasanya kawasan Alun-alun dipadati warga yang ingin santai pada Lebaran hari pertama. Namun, saat ini tampak sepi, mungkin karena sejak siang turun hujan. (Ant/Van)

0 komentar:

Posting Komentar