Rabu, 17 November 2010

1.625 Pengungsi di Gunungkidul Pamit Pulang postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 06.21

Pengungsi Merapi yang selama ini berada di Rest Area Bunder. (Foto :Dok)
WONOSARI (KRjogja.com) - Hasil pendataan sementara yang dilakukan Pemkab Gunungkidul, jumlah pengungsi yang pulang meninggalkan kabpaten ini hingga Rabu (17/11) sore mencapai 1.625 orang dari total pengungsi 11.714 orang. Dengan demikian, sore ini jumlah pengungsi yang masih tinggal di posko maupun rumah-rumah penduduk tinggal 10.089 orang.
“Jumlah pengungsi yang meninggalkan Gunungkidul ini terbanyak yang berada di Kecamatan Playen, Karangmojo dan Patuk. Meski sebagian pengungsi memilih pulang tetapi di Posko pengungsian utama rest area justru penghuninya bertambah,” ungkap Kabag Humas Pemkab Gunungkidul, Aziz Saleh di Wonosari.
Dari jumlah awal 655 orang yang berada di rest area, katanya, kini meningkat menjadi 747 orang. Julah tersebut sebagian besar merupakan pengungsi pindahan di Saptosari dan Panggang.
Terkait banyaknya pengungsi yang pulang, camat dan kepala desa diminta selalu melakukan pemantauan dan pendataan setiap dua hingga tiga jam sekali. Disamping mendata jumlah pengungsi yang meninggalkan posko maupun rumah penduduk juga disarankan untuk mencatat daerah tujuan pengungsi. “Hal ini penting agar kepindahan mereka tetap mendapat perhatian dari pemerintah,” tegasnya. (Bmp)

0 komentar:

Posting Komentar