Rabu, 17 November 2010

Diantar Mobil dan Truk, Ribuan Warga Mulai 'Serbu' Istiqlal postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 14.20


Jakarta - Pagi ini, ribuan warga mulai memadati halaman masjid Istiqlal untuk mengambil kupon daging kurban. Mereka datang berbondong-bondong diantar oleh mobil bak terbuka dan truk.

Pantauan detikcom di pintu gerbang utama masjid Istiqlal, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (18/11/2010) dinihari, sedikitnya ada seribu orang yang mengantre. Warga berdesak-desakan supaya bisa masuk ke dalam area masjid.

Warga yang didominasi oleh kaum pria dan anak muda tersebut berebut masuk ke dalam pagar masjid yang hanya cukup untuk dilewati satu orang. Di antara mereka, tak sedikit juga ada yang membawa anak kecil. Sementara petugas keamanan yang berjumlah 15 orang cukup sibuk untuk menertibkan warga.

Di dalam area masjid, antrean lebih tertib. Warga diminta duduk, dan posisi antrean dipisahkan antara lelaki dan perempuan.

Pembagian kupon hingga pukul 05.00 WIB belum dilakukan. Rencananya daging akan langsung dibagikan pada pukul 07.00 WIB.

Imam besar masjid Istiqlal Ali Mustafa Yaqub sebelumnya mengatakan, ada 5.000 kantong daging kurban yang akan dibagikan pada warga. Masing-masing berisi sekilo daging, jeroan dan tulangnya. Mekanisme pembagiannya, warga yang ingin mendapatkan daging harus datang ke Masjid Istiqlal setelah Salat Subuh. Setelah mendapatkan kupon, mereka harus mengantre di tempat yang ditentukan untuk mendapatkan daging.

Agar pengantre tidak berjubel, panitia telah menyediakan 5 loket. Setiap jamaah yang telah menerima daging kurban pun tidak bisa mengantre lagi. Panitia telah bekerja sama dengan polisi dan satpol PP untuk pengamanan. Bahkan panitia telah menyadur sistem pemilu dengan mencelupkan jari ke tinta hitam bagi warga yang sudah mendapat daging.

sumber:detik.com

0 komentar:

Posting Komentar