Rabu, 17 November 2010

Pemkab Bantul Target Penuhi Permintaan Konsentrat 5 Ton Perhari postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 06.23

BANTUL (KRjogja.com) - Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul akan meningkatkan produksi pakan konsentrat hingga mencapai lima ton per hari. Upaya tersebut sebagai wujud Pemkab Bantul dalam memenuhi permintaan pakan konsentrat dari Dinas Pertanian Propinsi DIY sebanyak lima ton per hari.
"Kami berupaya meningkatkan produksi pakan ternak konsentrat dari sebelumnya sebanyak tiga kuintal per hari menjadi ima ton per hari," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul Edy Suhariyanta di Bantul, Rabu (17/11).
Edy mengatakan Bantul mengupayakan memenuhi permintaan konsentrat karena pakan konsentrat produksi di kabupaten ini berkualitas harga lebih rendah dari harga standar swasta.
"Kami mendapati produksi konsentrat di Kelompok Tani Makaryo di Bantul berkualitas, di sisi lain dalam pemeran Bantul Expo beberapa waktu lalu melalui kelompok tani konsentrat pernah ditawar Rp1.800 per kilogram lebih rendah Rp600 dari harga standar," katanya.
Ia mengatakan permintaan dari pemerintah provinsi tersebut terkait dengan kebutuhan pakan di Kabupaten Sleman sebagai akibat dari bencana letusan Gunung Merapi yang menumpahkan abu material vulkanik hingga radius 15 km.
"Bencana Gunung Merapi memang berdampak jangka panjang bagi sektor ketersediaan pakan ternak di Sleman, karena meski hijauan ada yang selamat namun tidak dapat difungsikan sebagai pakan ternak dengan baik, sehingga kebutuhan mengambil dari daerah lain khususnya di Bantul," katanya.
Ia mengatakan, pakan konsentrat merupakan pakan ternak penguat kaya karbohidrat dan protein seperti jagung, bekatul dan bungkil kelapa, pakan ini digunakan pada saat pertumbuhan pada domba dan sapi baik perah maupun potong.
"Kami akan mengupayakan guna memenuhi kebutuhan pakan konsentrat sesuai permintaan, meski belum diketahui kebutuhan pakan hingga kapan namun kami optimistis akan terpenuhi mengingat hijauan di daerah ini masih luas," katanya. (Ant/Van)

0 komentar:

Posting Komentar