Selasa, 23 November 2010

756 Pengungsi di GOR UNY Dipindah ke Stadion Maguwoharjo postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 15.19

Ratusan pengungsi di GOR UNY mulai dipusatkan ke Stadion Maguwoharjo. (Foto : Ardhi Wahdan)
SLEMAN (KRjogja.com) - Sebanyak 756 warga lereng Merapi yang selama ini tinggal di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipindahkan ke Stadion Maguwoharjo, Selasa (23/11). Selain dipindahkan, ada beberapa warga yang kembali ke rumahnya masing-masing setelah wilayahnya diyatakan aman dari zona bahaya Merapi.
Bambang, salah satu warga Pakem, Sleman mengaku senang selama mengungsi di GOR UNY. Menurutnya, hampir setiap hari mendapatkan hal yang baru di barak pengungsian.
"Kami terus terang sangat terimakasih. UNY memperlakukan kami dengan sangat baik. Kami juga tidak merasa jenuh selama tinggal di sini. Makanya, banyak yang sedih," akunya kepada KRjogja.com saat ditemui disela perpindahannya, Selasa (23/11) sore.
Sementara itu, Rektor UNY Rohmat Wahab mengaku, perpindahan pengungsi ini berdasarkan surat edaran dari Bupati Sleman yang menyatakan tanggap darurat akan selesai Rabu (24/11) besok. "Terkait hal itu, maka seluruh pengungsi dipusatkan ke tiga titik, yakni Stadion Maguwoharjo, GOR Pangukan dan Youth Centre. Supaya memudahkan koordinasi para pengungsi. Kami pun mengikuti instruksi tersebut," jelasnya.
Rohmat mengaku, selama 18 hari melayani pengungsi, semua dilakukan secara mandiri oleh UNY. Pihaknya pernah mengajukan bantuan kepada BNPB namun tidak mendapat respon. "Jadi, kami manfaatkan donatur mandiri dari masyarakat sipil. Semua lancar dan kami juga bisa membekali setiap pengungsi dengan 1 kitchen set," imbuhnya.
Ratusan pengungsi tersebut dipindahkan dengan puluhan armada kendaraan baik truk ataupun mobil bak terbuka yang sudah disiapkan oleh pihak UNY maupun Pemkab Sleman. Selain itu, banyak diantara mereka yang juga menggunakan kendaraan pribadi dalam perpindahan ini. (Dhi)

0 komentar:

Posting Komentar