Rabu, 11 April 2012

Keluarga Keraton Ziarah ke Makam HB IX postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 15.28

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Memperingati 1 Abad Sri Sultan Hamengkubuwono IX, keluarga Keraton Yogyakarta beserta ratusan masyarakat ziarah ke makam Imogiri, Rabu (11/4/2012) malam.

Sejak sore warga sudah mulai berdatangan ke makam Imogiri. Mayoritas berpakaian peranakan(pakaian abdi dalem. Red). Selepas Isya dimulai dengan pembacaan ayat-ayat Al Qur'an dan diikuti tahlil. Keluarga Kraton diwakili oleh GBPH Joyokusumo dan GBPH Prabukusumo.

Salah satu peziarah adalah juru kunci Gunung Merapi Mbah Asih, ia sengaja datang bersama rombongan dari Kinahrejo untuk memenuhi undangan Keraton dan sekaligus meneruskan amanah Mbah Maridjan, yaitu untuk meneladani sifat-sifat HB IX.

Menurutnya, sosok HB IX adalah sebagai pelindung masyarakat Jogja dan sosok pahlawan yang bijaksana. Dirinya juga mengenang sosok Sultan HB IX sangat perhatian pada masyarakat Merapi.

Sementara itu menurut GBPH Joyokusumo saat ditemui Tribun Jogja selepas acara tahlil mengatakan, malam ini adalah ziarah untuk mengenang Sultan HB IX, bagaimana sepak terjang beliau apa yang bisa dicontoh, dikembangkan dan dilestarikan dari beliau.

Ketokohan Sultan HB IX sudah diakui multidimensional. Justru rugi jika tidak melaksanakan ajarannya. Keluarga Kraton juga merasa tidak perlu untuk meminta pengakuan atas jasa-jasanya.

"Beliau berjuang secara ikhlas sebagai bagian dari bangsa Indonesia, mau dihargai atau tidak itu bukan tujuan utamanya," jelas Gusti Joyo. (TRIBUNJOGJA.COM)

0 komentar:

Posting Komentar