Minggu, 15 April 2012

Puskaptis: Pilgub DKI Jakarta Bisa Satu Putaran postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 02.16

Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Jakarta Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) memprediksi Pemilukada DKI Jakarta akan berlangsung dalam satu putaran. Alasannya, elektabilitas pasangan calon incumbent Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli masih teratas dengan persentase sebesar 47,22% dan masih bisa bertambah.

"Memang potensi satu putaran bisa tercipta dalam pilgub kali ini," ujar Direktur Puskaptis Husin Yasin dalam jumpa pers di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu ( 15/4/2012).

Menurut Husin, ada beberapa alasan dirinya memprediksi satu putaran dengan kemenangan Foke-Nara yaitu popularitas yang dimiliki incumbent masih tinggi, memiliki figur kepemimpinan dan dekat dengan warga.

"Kenapa Popularitas incumbet tinggi? Karena tahapan kesukaan masih di atas 50 persen," terangnya.

Namun, bukan berarti satu putaran tersebut adalah hasil final dari Puskaptis. Husain menjelaskan, dengan sisa sisa waktu selama dua bulan menjelang pelaksanaan Pemilukada, masing-masing calon lainnya masih memiliki kesempatan meraih simpati masyarakat untuk mengungguli calon incumbent.

"Incumbent ketemu Jokowi atau Hidayat. Artinya jika mereka bisa menekan laju incumbent. Tapi kalau cara kerja tim lemah, potensi satu putaran tinggi," kata Husain.

Di dalam survey yang dilakukan pada 2 sampai 7 April 2012 tersebut, pasangan Jokowi-Ahok meraih tingkat elektabilitas sebesar 15,16% sedangkan pasangan HNW-Didik persentase sebesar 10,28%.

"Dengan sisa waktu dua bulan ini, kalau Jokowi dan HNW kerja keras maka bisa menuju dua putaran melawan incumbent," tegasnya.
sumber:detik.com

0 komentar:

Posting Komentar