Kamis, 23 Desember 2010

Disamakan Gerakan PKI, Warga Yogyakarta Geruduk Rumah Ichlasul Amal postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 03.53

Kawulo Ngayogyokarto mendatangi kediaman Ichlasul Amal. (Foto : Ardhi Wahdan)
SLEMAN (KRjogja.com) - Puluhan warga Yogyakarta yang tergabung Kawulo Ngayogyokarto mendatangi kediaman mantan rektor UGM, Prof Ichlasul Amal di Pandeansari I/5, Condongcatur, Depok, Sleman, Kamis (23/12). Warga merasa sakit hati dengan pernyataan Ichlasul Amal di media massa yang menyebutkan aksi massa dukung Keistimewaan DIY beberapa waktu lalu tak ubahnya seperti gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI).
Juru bicara Kawulo Ngayogyokarto, M Ariesman Herususeno mengungkapkan, perjuangan rakyat Yogyakarta yang sudah begitu santun ternodai dengan ucapan seorang guru besar yang itu juga pernah hidup di Yogyakarta. "Kita semua sakit hati. Apa maksud pernyataan Pak Ichlasul Amal yang menyebut pendukung Kraton sebagai PKI. Apa kita ini bertindak anarkis, menculik pejabat serta mendirikan negara sendiri," tandasnya.
Warga meminta kepada Ichlasul Amal untuk segera meminta maaf kepada rakyat Yogyakarta melalui media. Jika hal itu tidak dilakukan, maka warga meminta mantan rektor UGM ini angkat kaki dari Yogyakarta. "Tentu kami akan sowan kembali ke sini. Bertemu langsung dengan beliau dan meminta penjelasan, maunya Pak Ichlasul Amal ini apa. Bukan orang Yogyakarta kok bikin keruh," imbuh Ariesman.
Beberapa waktu lalu, Ichlasul Amal dengan terang-terangan menyatakan kepada media massa, aksi turun ke jalan ribuan warga Yogyakarta yang ingin mendengarkan sidang Paripurna DPRD DIY, seakan mengingatkannya pada gerakan PKI. Pernyataan kontroversial tersebut langsung menyulut reaksi warga Yogyakarta dan mempertanyakan maksud ucapannya tersebut.
Dalam aksinya di rumah Ichlasul Amal, massa Kawulo Ngayogyokarto ini hanya ditemui oleh penjaga rumah. Dari penuturan penjaga rumah, Ichlasul Amal saat ini tengah berada di luar kota. Kawulo Ngayogyokarto pun hanya menitipkan pernyataan mereka agar disampaikan kepada Ichlasul Amal sekembalinya dari luar kota. (Dhi)

0 komentar:

Posting Komentar