Minggu, 05 Desember 2010

Rumah Pintar Belum Dimanfaatkan postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 17.08

Ilustrasi. (Foto : Dok)
KULONPROGO (KRjogja.com) - Rumah Pintar yang merupakan proyek percontohan nasional pengembangan desa sejahtera di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, belum dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat karena belum ada pengurusnya. Sampai saat ini Pemerintah Kabupaten Kulonprogo belum membentuk pengurus pengelola Rumah Pintar, padahal masyarakat menunggu petunjuk dan arahan dari pemerintah kabupaten.
"Hal itu terjadi karena belum ada pengurus yang mengelola Rumah Pintar ini, sehingga masyarakat umum maupun pelajar belum bisa memanfaatkannya secara maksimal," kata pemilik tanah yang digunakan untuk membangun Rumah Pintar Paeran, di Kokap, Minggu (5/12).
Menurut dia, karena belum ada pengurus yang mengelola Rumah Pintar tersebut, maka masyarakat di Dusun Segajih secara swadaya mengembangkan pilar Indonesia Kreatif dengan berlatih ketoprak, kesenian karawitan, dan wayang di pendopo rumah itu.
"Kami tidak bisa membuka Rumah Pintar setiap hari, kami takut kalau ada yang hilang dan rusak. Rumah Pintar hanya dibuka saat ada kunjungan siswa dari sekolah yang ingin belajar atau tamu yang ingin melihat kondisi rumah ini," katanya.
Ia mengatakan untuk pilar Indonesia Hijau, petugasnya datang setiap satu bulan sekali guna memberikan keterampilan kepada warga khususnya pemuda yang belum bekerja. "Keterampilan itu di antaranya memanfaatkan sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi," katanya.
Setiap sebulan sekali, kata dia warga dan para pemuda diberi keterampilan membuat tas dari plastik atau sampah. "Tetapi kami belum diberi peluang untuk menjual hasil keterampilan warga, jadi kami kebingungan menjual barang yang diproduksi warga," katanya.
Selain itu, menurut dia, untuk pilar Indonesia Sehat, dibuka setiap lima hari sekali. "Petugas hanya datang setiap pasaran legi. "Selain itu tidak ada petugas yang datang, padahal banyak warga ingin berobat atau konsultasi kesehatan," katanya.
Proyek Percontohan Nasional Pengembangan Desa Sejahtera melalui Rumah Pintar ini. menjabarkan kesejahteraan dalam lima program, yaitu Indonesia Sehat, Pintar, Kreatif, Hijau dan Peduli. Diharapkan kelimanya dapat berjalan sinergis. Lima program yang selanjutnya menjadi lima pilar terwujudnya desa sejahtera itu, sebelumnya telah diluncurkan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono selaku Ketua Umum SIKIB.
Rumah Pintar di Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, terletak di wilayah pegunungan Menoreh di sebelah barat Waduk Sermo. Jumlah penduduk desa itu sebanyak 8.326 jiwa. (Ant/Van)

0 komentar:

Posting Komentar