Selasa, 24 Agustus 2010

Dinkes Bantul Siagakan Petugas Saat Lebaran postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 15.56

BANTUL (KRjogja.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul akan menyiapkan sejumlah petugas kesehatan di pos pengamanan yang didirikan selama Lebaran 1431 Hijriah. Petugas yang disiagakan di pos pengamanan tersebut juga akan dibekali dengan peralatan dan obat-obatan yang kemungkinan dibutuhkan para pemudik maupun masyarakat pengguna jalan.
"Kami akan siapkan petugas kesehatan untuk siaga di pos pengamanan guna memberikan pertolongan dan perawatan pertama jika terjadi kecelakaan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Siti Noor Zaenab di Bantul, Selasa (24/8).
Pos tersebut, katanya, juga menerima pemudik yang kelelahan selama perjalanan hingga kondisinya pulih kembali. "Selain petugas kesehatan memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan juga menerima pemudik yang kelelahan dan kecapekan selama berkendara untuk dibantu memulihkan kondisi," katanya.
Siti mengatakan, pos pengamanan Lebaran itu akan disiapkan oleh Polres Bantul di sejumlah titik maupun ruas jalan yang dianggap rawan kecelakaan dan pada lalu lintas yang membutuhkan pengamanan yang ekstra. "Kami akan melakukan koordinasi dengan kepolisian, petugas kesehatan yang disiapkan nantinya memprioritaskan pada pos pengamanan yang rawan kecelakaan dan padat lalu lintas," katanya.
Siti mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman tahun lalu pos pengamanan akan dibuka mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Karena itu, katanya, pihaknya akan menyesuaikan. "Biasanya sepekan sebelum Lebaran pos pengamanan telah didirikan, kami mulai siapkan petugas sejak itu," katanya.
Ia mengatakan, petugas kesehatan nantinya juga akan dibantu relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul, sehingga kesiapsiagaan jika terjadi apa-apa langsung bisa tertangani dengan cepat. "Harapan kami memang tidak terjadi kecelakaan, namun setidaknya jika ada kecelakaan akibat yang fatal dapat dicegah dengan penanganan secara cepat," kata Siti. (Ant/Van)

0 komentar:

Posting Komentar