Minggu, 29 Agustus 2010

Diperketat, Pemeriksaan Kelengkapan Bus postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 21.48

WONOSARI (KRjogja.com) - Para pemilik bus, sopir dan crew diseyogyakan mengkompliti kelengkapan armada bus bagi yang belum komplit. Sebab, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, akan memperketat pengawasan dan pemeriksaan kelengkapan armada bus angkutan mudik Lebaran 2010.

Kepala Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Gunung Kidul, Syamsudin, di Wonosari, Minggu (29/8), mengatakan pemeriksaan dan pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang diakibatkan kurang lengkapnya fasilitas armada, misal lampu, rem, klakson, tabung pemadam kebakaran dan martil pemukul kaca ketika sedang terjadi kondisi darurat.
"Kami tidak mau kecolongan yang dikarenakan unsur keteledoran dari pengusaha jasa angkutan Lebaran 2010 yang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan membahayakan keamanan penumpang," katanya.

Menurut dia dari hasil pemeriksaan ditemukan sejumlah armada yang kondisi pendukung kendaraan masih di bawah standar aman.
"Aramada bus yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran masih banyak ditemukan lampunya kurang terang, rem depan blong serta klakson yang kurang keras serta fasilitas pemadam kebakaran dan kondisi darurat masih belum tersedia," katanya.

Dari temuan tersebut, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) memberikan teguran peringatan dan catatan secara tertulis yang disampaikan kepada supir untuk diteruskan kepada pemilik jasa angkutan untuk segera melengkapi sarana aramada, katanya.
Dia mengatakan akan melakukan tindakan secara tegas apabila pada arus mudik mendatang masih ditemukan armada yang tidak mengindahkan peringatan Dishubkominfo dengan melengkapi fasilitas tanggap darurat.

"Kami akan terus melakukan langkah sosialisasi kepada kru bus atau pemilik jasa angkutan agar bersedia memasang perlengakapan tanggap darurat dengan tujuan keamanan pemudik dapat terjaga," katanya.
Selain pemeriksaan untuk armada bus, Dia mengatakan juga melakukan pemeriksaan kepada alat transportasi medis yang akan disediakan dan dipakai sebagai angkutan pertolongan pertama pada kecelakaan yang berada di setiap Puskesmas.

"Alat transportasi pendukung arus mudik, misal ambulans juga kami lakukan pemeriksaan agar kendaraan dalam kondisi prima ketika digunakan di pos-pos penjagaan pengamanan jalur mudik Lebaran 2010," katanya. (Ant/Mdk)

0 komentar:

Posting Komentar