Minggu, 29 Agustus 2010

Dishubkominfo Siapkan Jalur Alternatif postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 21.49

Ilustrasi (Foto : Dok)
KULON PROGO (KRjogja) -  Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mempersiapkan lima jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan kendaraan arus mudik maupun arus balik selama Lebaran 1431 Hijriah.

Kabid Pengendalian dan Operasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulon Progo Sudarmaji Minggu (29/8) mengatakan pemetaan jalur rawan macet juga sekaligus untuk membuat jalur alternatif selama arus mudik dan arus balik Lebaran sehingga para penguna jalan tidak terjebak dalam kemacetan dan perjalanan menjadi lancar.

"Kondisi jalan hingga saat ini sebagian besar siap dilalui kendaraan pemudik, namun terdapat sejumlah titik rawan macet seperti di sepanjang jalan perbatansan Purworejo-Kulon Progo, Demen, Toyan, dan Sentolo untuk itu kami menembuat lima jalur alternatif dan dua jalan alternatif dalam kota," kata Sudarmaji, di Wates.

Jalur alternatif tersebut, kata dia yakni pertama, dari Temon menuju Yoyan, dilanjutkan kearah Cangkaran, melalui Galur menuju Kabupaten Bantul, jalur alternatif kedua yakni dari arah Cangkaran menuju Kenteng Nganggrung melalui Sentolo dan menuju Yogykarta, jalur alternatif ketiga yakni jalan Jangkaran Glagah melalui Karang Wuni menuju Brosot melalaui jambatan Srandakan menuju Kabupaten Bantul.

Jalur alternatif keempat yang telah disiapkan Dishubkominfo yakni dari Ngeplang Sentolo menuju Kenteng Nanggulan menuju Dekso Kalibawang dan menuju Muntilan dan Magelang, dan jalur alternatif kelima yakni dari Ngeplang Sentolo menuju Kenteng Nanggulan melalui jalan Godean menuju Yogyakarta. Sementara jalur alternatif dalam kota yakni pertama, dari Wates menuju Pengasih melalui Kaliagung menuju Sentolo, dan jalur alternatif kedua yakni Wates menuju Pengasih melalui Pusat Penyelamatan Satwa Yogyakarta menuju Nanggulan.

"Setelah kami melakukan pemantaun kesiapan sarana-prasaran jalan, untuk jalur alternatif di Kabupaten Kulon Progo sudah kondusif dan sudah siap dilalui untuk arus mudik dan arus balik nanti," katanya. (Ant/Tom)

0 komentar:

Posting Komentar