Sabtu, 14 Agustus 2010

Menkes Beri Penghargaan 130 Tenaga Puskesmas postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 22.20

Endang Rahayu S (Foto : Dok)
YOGYA (KRjogja.com) - Menteri Kesehatan akan memberi penghargaan kepada 130 tenaga kesehatan pada Senin (16/8) secara nasional karena memenuhi kriteria penilaian umum dan kinerja.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan RI, Tritayarati dalam siaran pers yang dikirim kepada wartawan, Minggu (15/8) menyebutkan, tenaga kesehatan berasal dari 33 propinsi dimana tiap propinsi mengirimkan 4 tenaga Puskesmas Teladan kecuali Bangka Belitung dan Kalimantan Selatan.

Mereka terdiri dari 45 laki-laki dan 85 perempuan, yakni 26 dokter, 7 dokter gigi, 19
bidan, 14 perawat, 27 tenaga kesehatan masyarakat (sanitarian dan promosi kesehatan), 4 asisten apoteker, dan 33 nutrisionis. Sedangkan hal ini untuk memotivasi dan meningkatkan minat bekerja di Puskesmas.

"Nantinya dapat menjadi pendorong terciptanya tenaga kesehatan yang nasionalis, etis dan profesional, memiliki pengabdian yang tinggi, disiplin, kreatif, berilmu, terampil, berbudi luhur serta memegang teguh etika profesi," ujarnya.

Ia menuturkan, komponen penilaian terdiri dari kriteria umum dan kinerja. Kriteria umum meliputi berakhklak dan berbudi pekerti baik, tidak sedang dalam kasus pidana/perdata dan
penyalahgunaan Napza, berjasa terhadap masyarakat di wilayah kerjanya baik langsung maupun tidak langsung dan lulus seleksi yang dilakukan Tim Penilai.

"Adapun komponen kinerja meliputi sebagai penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, sebagai tenaga pemberdayaan masyarakat, sebagai pemberi pelayanan kesehatan strata pertama, sebagai pegawai Puskesmas yang memiliki tanggung jawab, ketaatan, kejujuran, kerja sama, prakarsa dan kepemimpinan," paparnya. (Ran)

0 komentar:

Posting Komentar