Minggu, 22 Agustus 2010

Puasa, YKAY Tetap Rawat Satwa postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 21.33

Ilustrasi (Foto : Dok)
KULON PROGO (KRjogja.com) - Para perawat satwa (animal keepen) Yayasan Konservasi Alam Yogyakata di Dusun Paingan, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta tetap melaksanakan kegiatan sehari-hari meskipun sedang berpuasa.

"Kami setiap hari tetap membersihkan kandang-kandang satwa, termasuk yang bertugas di bagian nutrisi tetap menyiapkan dan meracik porsi pakan satwa, ini wujud kecintaan kami terhadap satwa sehingga puasa bukan merupakan halangan," kata perawat satwa khusus burung di Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) Sangsang (41), Minggu (22/8).

Sangsang menjelaskan memperlakukan satwa itu harus dengan hati, pikiran yang tenang, sehingga satwa tidak panik. "Jika satwa panik maka justru tidak akan mau makan dan ini akan memperburuk kondisi kesehatan satwa," katanya.

Hal yang sama dikatakan Wisman (28) bahwa dirinya tetap profesional dalam menjalankan tugasnya untuk merawat satwa meski dirinya sedang menjalankan ibadah puasa.

"Memperlakukan satwa dengan hati, sehingga masing-masing perawat satwa di sini mengenal karakter satwa-satwa yang ada dan ditanganinya, hal ini penting untuk mengetahui emosi satwa apakah sedang marah atau ingin bermain," katanya.

Sedangkan Dian Tresno Wikanti, dokter yang bertanggung jawab atas satwa di YKAY mengatakan bahwa kesejahteraan satwa (animal welfare) adalah mutlak dalam mengurus satwa yang mayoritas adalah satwa dilindungi ini.

"Prinsip kesejahteraan satwa ini mulai dari kebersihan kandang, kebersihan pakan, jumlah pakan yang cukup dan sesuai bagi masing-masing satwa, pemberian vitamin, serta pengayaan (enrichment) kandang seperti pemberian dahan, tempat bergelantung, dan permainan untuk membuat satwa meralebih nyaman selama di kandang rehabilitasi. (Ant/Tom)

0 komentar:

Posting Komentar