Jumat, 13 Agustus 2010

Klomnak Banyubening Wakili DIY Tingkat Nasional postheadericon

Diposting oleh cakimam | Pada 02.15

Pengembangan ternak di Banyubening. (Foto : Dedy EW)

WONOSARI (KRjogja.com) - Kelompok Tani Ternak (Klomnak) Banyubening II, Bejiharjo, Karangmojo berhak mewakili Propinsi DIY maju lomba tingkat nasional. Sebelumnya klomnak ini dinilai tim propinsi dan berhasil menjuarai peringkat pertama.

Ketua Klomnak Tri Manunggal Banyubening II Karnoto mengatakan, untuk menghadapi lomba tingkat nasional kini kelompok sedang melakukan perlengkapan baik administrasi maupun fisik. Unggulan kelompok yakni sapi jenis peranakan onggol (PO).

“Sistem pengelolaan juga dilaksanakan dengan baik. Termasuk di dalamnya terdapat pertemuan rutin dan menghadirkan petugas dari Dinas Peternakan. Sehingga bila timbul permasalahan bisa diselesaikan dalam pertemuan tersebut. Limbah dari ternak juga dimanfaatkan untuk pupuk organik. Sebagian juga dipergunakan untuk bahan baker biogas karena lebih aman,” ucapnya.

Diungkapkan, ternak sapi PO merupakan pengembangan yang cukup bagus. Sebab dilihat dari produksinya lebih banyak dibanding jenis lain. Pemeliharaannya relatif mudah. Bahkan sapi PO bila dikembangkan bisa memiliki peranakan banyak dengan jarak yang semakin cepat. Untuk kesehatan ternak juga dilakukan koordinasi dengan petugas kesehatan hewan setempat, sehingga bila ada ternak yang sakit bisa langsung ditangani petugas.

“Klomnak yang berdiri sejak 2006 lalu, sekarang sudah memiliki 35 anggota dengan populasi ternak mencapai kurang lebih 136 ekor,” imbuhnya. (R-2)

0 komentar:

Posting Komentar